Trik Mudah Membuat Mozaik Foto untuk Hiasan dan Dekorasi Rumah

Apakah kamu pernah merasa terpesona dengan dinding atau lantai yang menyerupai pola dan gambar tertentu dan terbuat dari potongan keramik serta bebatuan? Yup, itu dinamakan mozaik. Teknik dekorasi model ini sudah digunakan sejak zaman dahulu kala untuk mendekorasi dan mempercantik bangunan atau rumah.

Karena desain hiasan yang terbuat dari batu atau berwarna-warni yang ditata rapi, mungkin kamu pernah berpikir kalau hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh orang yang professional. Nyatanya, kamu tak perlu pergi ke toko wallpaper dinding untuk mendapatkan hiasan dinding yang bagus, tetapi kamu bisa membuatnya sendiri. Dengan alat dan bahan sendiri, kamu pun bisa melakukan teknik serupa, kok. Enggak percaya? Yuk, ketahui lebih banyak tentang dunia mozaik berikut.

Apakah yang Dimaksud dengan Mozaik?

Nah, sebelumnya kamu harus tahu dulu apa itu mozaik. Jadi, mozaik adalah sebuah karya seni rupa (entah itu dua dimensi atau tiga dimensi) yang terdiri dari kombinasi kepingan bahan-bahan yang sudah dibentuk atau dipotong sedemikian rupa lalu disusun serta ditempel dalam bentuk yang diinginkan. Nah, kepingan bahan bisa saja berasal dari batu, ranting, daun kering, kayu, ataupun keramik. Lalu, bahan-bahan yang datang dari berbagai macam jenis ini nantinya ditempel di kanvas atau media yang sudah dibentuk berpola sebelumnya.

Teknik Mudah Membuat Mozaik

Nah, dalam bahasan ini ada beberapa teknik untuk membuat mozaik, sehingga kamu tidak perlu lagi repot mencari tempat jual wallpaper dinding murah, karena kamu bisa membuat atau mungkin bisa pula menjadi penjual hiasan dinding.

1. Menentukan Model Mozaik

 

Menentukan Model Mozaik

Nah, sebelum membuat mozaik, pastikan kamu sudah mempersiapkan semua bahan-bahannya. Bisa berupa batu, kerang, kaca, keramik, atau mungkin biji-bijian. Setelah bahan, carilah alas untuk menempelkan mozaik bisa berupa karton, kayu, atau mungkin kardus , yang dapat menahan beban bahan yang nantinya kamu pakai. Setelahnya, tentukan desain pola gambar apa yang akan kamu buat, pola ini bisa berupa hewan, bunga, bangunan, orang, atau mungkin bentuk lain yang kamu inginkan. Oh iya, jangan sampai lupa untuk menyediakan perekat untuk merekatkan benda ke pola yang sudah ada, bisa berupa lem, semen, atau nat.

2. Membuat Mozaik

 

Membuat Mozaik

Setelah tahap pertama, kita akan masuk ke pembuatan. Siapkan alas yang ada dan akan digunakan di atas meja atau lantai. Lalu setelahnya, buat pola gambar yang diinginkan di atas alas tadi. Mulailah dengan mengatur peletakan potongan atau pecahan benda sebelum kamu mengoleskan perekatnya. Sebelum menempelkan, pastikan bahwa bahan yang sudah terpotong sudah bersih dari kotoran. Setelah semua siap dan bersih tinggal oleskan perekat. Pengolesan perekat ini ke seluruh permukaan pola mozaik, jangan terlalu banyak agar hasilnya rapi dan memuaskan.

Baca juga: Menikmati Nostalgia di Restoran Antik Betawi Tempo Dulu di Jakarta

3. Finishing Hasil Mozaik

Finishing Hasil Mozaik

Pada tahap finishing ini adalah menyusun dan menempel kepingan bahan satu demi satu. Yang harus dicatat adalah membuat mozaik ini dibutuhkan ketelitian dan kesabaran agar hasil yang didapat memuaskan dan sesuai keinginan. Setelah semua bahan menempel dengen sempurna, di permukaan bidang, maka tinggal menunggu waktu pengeringan saja. Waktu menunggu ini sangat bervariasi, bergantung pada bahan dan perekat yang kamu gunakan.

Bagaimana, apakah kamu sudah ada bayangan mozaik seperti apa yang akan dibuat? Pada dasarnya, mozaik ini bisa dibuat oleh siapapun untuk mempercantik rumah atau ruangan. Sehingga kamu enggak perlu lagi pergi mencari hiasan ke toko wallpaper dinding, cukup dengan mengumpulkan sedikit bahan, berkreasi, jadi deh hiasan bagus dan hasil karya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *