Tips Membuat Talang Air Agar Tidak Mudah Bocor

Tips Membuat Talang Air Agar Tidak Mudah Bocor

Pembangunan talang air kerap kali dianggap enteng karena Indonesia memiliki cuaca yang panas dan jarang hujan. Padahal talang air memiliki fungsi yang sangat penting. Pada saat musim hujan. Talang air digunakan untuk menahan air hujan agar air tidak langsung masuk ketika jendela dibuka. Kejadian yang sering terjadi adalah ketika talang air bocor dan malah membasahi bagian pinggir jendela. Untuk itu saat pembangunan rumah, seluruh komponen wajib diperhatikan dan memiliki komposisi yang tepat. Perhatikan juga harga waterproofing membran bakar dan harga pemasangan talang air agar hujan tidak langsung membasahi rumah Anda.

Tips Membuat Talang Air Agar Tidak Mudah Bocor

Membuat Talang Air yang Tidak Mudah Bocor

Talang air pada sebuah rumah merupakan komponen yang penting untuk diperhatikan, karena jika talang air mengalami kebocoran maka bisa saja mengganggu aktivitas di rumah. Untuk itu terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat talang air. Saat membangun sebuah rumah, bukan hanya harga waterproofing membrane bakar per m2 saja yang harus diperhatikan. Namun Anda juga harus mengetahui berapa biaya untuk membuat talang air yang fungsional. Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan ketika membuat talang air.

1. Perhatikan bentuk corong talang.

Setelah mengetahui harga waterproofing membran bakar dan juga harga pemasangan talang air. Sebaiknya Anda sesekali memeriksa proses pembuatannya. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa melihat kinerja jasa konstruksi secara langsung. Pada saat pemasangan talang air Anda harus memeriksa bentuk dan posisi corong talang apakah telah sesuai atau belum. Corong digunakan untuk menampung seluruh hasil dari aliran talang, untuk itu corong sangat rawan untuk mengalami kebocoran. Pastikan corong talang selalu bersih dan tidak terdapat sampah yang bisa menghalangi aliran air.

2. Periksa sambungan dan siku yang dibuat.

Pada pemasangan talang, maka sambungan dan letak siku harus sesuai agar air tidak mampet yang menyebabkan kebocoran. Lokasi penempatan talang air pada setiap rumah akan berbeda-beda ukuran panjangnya. Untuk itu terkadang talang harus disambung atau arahnya dibelokkan agar air bisa lancar. Namun ketika memasang sambungan, orang tidak tepat sehingga membuat talang menjadi bocor. Pasanglah siku sesuai dengan kemiringan atap rumah. Dengan menyesuaikan hal tersebut maka Anda bisa membangun talang air dengan baik.

3. Perhatikan kemiringan talang air.

Posisi kemiringan talang air sangat penting untuk diperhatikan agar air bisa mengalir dengan baik dan tidak mudah bocor. Jika Anda menggunakan talang sepanjang 10 meter, maka harus dipotong menjadi dua bagian agar bisa menghasilkan kemiringan yang sesuai. Pengaturan kemiringan biasanya sekitar 2 cm untuk jarak talang sejauh 3 m. Jadi setiap talang sepanjang 3 meter, pada bagian ujungnya akan dimiringkan hingga 2 cm. Posisi talang ujung lebih rendah dari ujung yang berlawanan. Pastikan penahan kemiringan dipasang dengan kuat.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda perhatikan agar pembangunan talang air bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan fungsinya. Pada saat ingin membangun sebuah rumah, sebaiknya Anda menggunakan jasa konstruksi yang handal sehingga mampu memperhatikan dan membangun seluruh komponen dengan baik dan sesuai fungsinya. Cari juga jasa konstruksi yang memberikan harga bersaing, dalam artian bisa memberikan harga yang murah dengan kualitas terbaik. Anda juga harus mengetahui detailnya, apakah harga tersebut sudah meliputi harga waterproofing membrane bakar per m2, harga talang air dan lain sebagainya atau belum. Dari hal tersebutlah, Anda bisa mengetahui harga tersebut termasuk murah atau mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *