Sulap Kamar Kosmu Jadi Multifungsi Dan Nyaman Abis!

Sulap Kamar Kosmu Jadi Multifungsi

Walau hanya sebuah kamar, tapi kosan adalah tempat ternyaman bagi anak yang jauh dari keluarga. Apalagi kalau ditata sedemikian rupa menjadi kamar multifungsi seperti di rumah sendiri. Memang perlu keterampilan menata, perhitungan yang tepat dan waktu yang cukup, namun percaya deh kalau kamu bisa mewujudkannya, rasa kangen pulang kampung akan sedikit terobati.

Sulap Kamar Kosmu Jadi Multifungsi

Tips Buat Kamar Kos Multifungsi

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menyulap kamar kos kamu jadi multifungsi adalah menentukan fungsi kamar, kemudian lanjutkan dengan mempersiapkan apa yang dibutuhkan, jangan lupa memaksimalkan setiap sudut ruangan, bila perlu pakai partisi gypsum. Tapi belum lengkap tanpa barang multifungsi di dalam kamar tersebut.

  • Tentukan Fungsi Yang Dibutuhkan

Coba kamu pikirkan dulu fungsi apa saja yang kamu inginkan di dalam kamar tersebut. contohnya, kamu ingin dikamarmu selain jadi tempat tidur, juga ruang belajar, ruang tamu dan ruang santai. Ketika fungsi sudah kamu tetapkan, maka bisa lanjut pada langkah berikutnya untuk mewujudkan fungsi tersebut.

  • Siapkan Perlengkapan

Yang pasti kasur, meja belajar, meja dan kursi tamu, serta kursi santai, kamu bisa juga memakai partisi berbahan gypsum untuk menyekat bagian kamar. Tapi tak semua harus dibeli, sebab kamu bisa memaksimalkan satu perlengkapan untuk beberapa fungsi lho! Karena sekarang sudah banyak yang menjual perlengkapan multifungsi.

Contohnya tempat tidur multifungsi, bentuknya seperti tempat tidur tingkat dua namun kasur hanya ada di bagian atas. pada bagian bawah terdapat lemari, meja dan kursi lipat yang bisa disimpan saat tak digunakan sehingga kamar tidak kelihatan penuh. Kamu juga bisa membeli kulkas kecil yang di atasnya bisa menjadi tempat rak piring.

  • Maksimalkan Tiap Sudut

Karena ukuran kamar yang terbatas, pastikan kamu memberi fungsi untuk setiap jengkal kamar kosmu. Contohnya, di sisi utama diletakkan tempat tidur bertingkat, di bagian bawah tempat tidur menjadi tempat meja dan kursi belajar. Di pojok sebelah kasur jika masih ada ruang kosong bisa dijadikan tempat untuk meletakkan kulkas kecil dan rak piringmu.

Lalu di sudut lain bisa dijadikan lokasi untuk meletakkan rak sepatu, dan tempat sampah. Jika memungkinkan kamu bisa memberi sedikit sehat di kamar menggunakan partisi gypsum untuk ruang tamu kecil sekaligus tempat untuk bersantai sambil menonton televisi yang bisa kamu pasang di dinding menggunakan bracket.

  • Pakai Partisi Gypsum

Memang tak semua kamar kos bisa pakai partisi berbahan gypsum apalagi kalau ukuran kamar yang kecil, tapi sebenarnya dengan sentuhan partisi ini kamu bisa membuat kamar multifungsi jadi lebih tegas kegunaannya. Contoh, partisi untuk membatas kamar dengan ruang tamu mungilmu, tak perlu yang ukuran besar, cukup pembatas ukuran mini dengan sedikit ukiran modern.

  • Aksesoris Pendukung

Agar kesan sumpek tidak terlihat di kamar multifungsimu, pastikan untuk tidak menggunakan aksesoris berlebihan. Cukup beberapa yang menurutmu juga bisa memberikan manfaat bagi kamar. Contohnya jam dinding kalender, rak gantung yang juga bermanfaat untuk menyimpan barang-barangmu.

Kalau kamu punya anggaran lebih, maka kamu bisa menambahkan kursi angin multifungsi yang bisa dijadikan kasur dan sofa. Jadi bisa dipakai sesuai fungsi yang kamu butuhkan. Atau memberi sentuhan kerlap kerlip lampu yang dipasang menggunakan kabel di bagian atas tempat tidur, sekaligus jadi tempat menggantungkan foto-foto favoritmu.

Nah ternyata tidak sulit menyulap kamar kosmu jadi multifungsi seperti rumah sendiri kan? Tinggal ikuti saja tips di atas dan manfaatkan semua alat dan bahan yang ada termasuk partisi gypsum jika memungkinkan. Kamu akan mendapatkan suasana kamar yang benar-benar banyak manfaat, dan akan membuat kamu dan siapa saja betah disana seharian. Yuk wujudkan sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *