Safety Brush, Sistem Pengaman Pada Eskalator Terkini

Sistem Pengaman Pada Eskalator

 

Eskalator merupakan tangga jalan yang biasa digunakan pada mall dan pusat perbelanjaan lainnya. Saat membangun sebuah tempat, pihak kontraktor hvac sudah memikirkan fasilitas apa saja yang diberikan seperti lift barang, eskalator, lift penumpang dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas layanan untuk para pengguna. Saat eskalator dijalankan tentu terdapat sistem pengaman sehingga pengguna tidak akan mudah terjepit. Hal tersebut yang membuat eskalator pada bagian ujungnya terdapat garis kuning yang tidak boleh dilewati.

Untuk memasang eskalator pada sebuah gedung dibutuhkan jasa instalasi listrik yang handal dan percaya seperti Lightning.co.id. Pemasangan harus dilakukan oleh ahlinya agar eskalator dapat berfungsi dengan baik. Sistem keamanan juga dipasang sehingga ketika ada benda yang tersangkut maka eskalator bisa berhenti secara otomatis. Sebenarnya eskalator sudah dilengkapi dengan berbagai sensor lain untuk keamanan, salah satu komponennya adalah Safety Brush.

Keunggulan Safety Brush untuk sistem pengaman pada eskalator

Sistem Pengaman Pada Eskalator

Jika Anda memperhatikan bentuk eskalator tentu akan melihat pada bagian pinggirnya terdapat sebuah sikat berwarna hitam. Tentu tak banyak yang mengetahui fungsi dari sikat tersebut, ternyata sikat tersebut digunakan untuk menjaga keamanan eskalator saat bekerja. Menurut peraturan keamanan, komponen pengaman harus dipasang dengan benar dan tepat.

Sikat ini dikenal sebagai Safety Brush yang juga bermanfaat membersihkan debu antar celah. Dikombinasi dengan sikat anti pilling. Komponen ini bisa digunakan sebagai pengaman dan pencegah kecelakaan pada eskalator. Fungsi utama dari komponen Safety Brush ini adalah sebagai peringatan jika posisi kaki kita terlalu dekat pinggir eskalator. Mungkin ketika menaiki eskalator Anda tidak sadar jika sudah terlalu pinggir. Dengan adanya sikat tersebut maka Anda bisa mengetahui bahwa posisi tersebut cukup berbahaya. Untuk mencegah kecelakaan yang terjadi maka pengguna harus bergeser ke arah tengah eskalator.

Jika diperhatikan terdapat dua jenis pinggiran eskalator, yaitu berbentuk besi dan juga bentuk sikat. Pihak kontraktor lebih suka memilih komponen sikat karena memiliki berbagai keunggulan daripada jenis besi. Untuk lebih jelasnya simaklah beberapa keunggulan penggunaan sikat keamanan pada eskalator.

  • Mudah diganti

Untuk masalah keamanan, tentu pemeliharaan harus dilakukan dengan baik dan sesuai. Sikat ini sangat mudah diganti, sehingga ketika terjadi kerusakan maka komponen bisa diganti dengan cepat.

  • Anti karat

Bahan sikat memiliki ketahanan yang kuat dan tidak mudah mengalami korosi. Hal ini membuat sikat ini bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.

  • Mudah dipasang

Komponen keamanan eskalator ini sangat mudah untuk dipasang karena cukup fleksibel. Bahkan untuk bagian-bagian yang tertekuk bisa dijangkau dengan mudah. Hal ini bisa membuat sistem keamanan lebih efektif.

  • Tahan terhadap api

Beberapa kecelakaan pada eskalator bisa saja mengakibatkan percikan api karena aliran listrik yang terdapat pada eskalator. Namun dengan penggunaan Safety Brush maka hal tersebut tidak akan terjadi, karena bahan sikat ini tahan terhadap api dan tidak mudah terbakar.

Itulah fungsi dari komponen Safety Brush pada eskalator. Pihak kontraktor tentu sudah memperhitungkan segala kebutuhan dan bentuk bangunan agar aman dan awet digunakan. Namun yang harus diperhatikan adalah pengawasan yang tepat, karena seringkali anak-anak tidak memahami penggunaan eskalator dengan baik. Sehingga kebanyakan korban kecelakaan pada eskalator adalah anak-anak.

Sebelum memasang eskalator, pihak kontraktor akan menyusun perencanaan terlebih dahulu. Setelah kontraktor menentukan dimana tempat pembangunan eskalator, maka pihak jasa instalasi listrik akan langsung mengerjakan sesuai dengan arahan. Hal ini penting dilakukan karena eskalator bergerak dengan tenaga listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *