Punya Hobi Dekorasi Ruangan? Begini Cara Mengembangkannya

Menggeluti dunia desain memang menyenangkan. Apalagi jika Anda menguasai berbagai macam seni desain, mulai dari grafis. Interior, hingga eksterior. Soal keindahan ruang rumah tak perlu diragukan. Lalu, bagaimana jika kita tidak memiliki dasar desain itu sendiri, melainkan hanya belajar secara mandiri karena sebuah hobi? Tentu tak masalah. Bahkan, dengan beberapa tips di bawah ini, kamu bisa mulai mengembangkan hobi tersebut.

Tips Mudah Kembangkan Hobi Dekorasi Ruangan

Dekorasi ruangan itu luas, mulai dari hal kecil seperti memasang wallpaper kamar anak, hingga hal kompleks seperti interior, termasuk dalam dekorasi ruangan. Jika hal menyukai hal itu, sebaiknya jangan disia-siakan. Kembangkan hobi tersebut meskipun dalam praktiknya mungkin sulit dilakukan dan membutuhkan banyak biaya. Caranya?

1. Jangan mudah puas dengan hasil, terus asah kemampuan

Bangga dengan hasil karya sendiri (apresiasi) memang perlu dilakukan. Namun, jangan sampai hal tersebut memunculkan sikap sombong dan mudah puas. Pasalnya ilmu pengetahuan itu berkembang, sehingga kamu harus tetap meng-upgrade kemampuan. Jangan hanya diam di situ saja.

 

Dekorasi Ruangan

MIsalnya, kamu bisa kombinasikan hobi dengan kemampuan yang dimiiliki. Kamu bisa berkreasi dengan membuat desain dinding wallpaper anak-anak dan mencetaknya. Selain itu, desain tersebut juga bisa kamu aplikasikan untuk dicetak pada tirai atau sprai sehingga dekorasi ruangan terlihat lebih harmonis dan rapi.

2. Tawarkan jasa dekorasi ruangan pada orang lain

Jangan minder, coba saja ajukan penawaran dekorasi ruangan dengan menampilkan contoh hasil dekor kamu pada klien, bisa langsung atau melalui iklan media sosial. Cobalah membuat dekorasi yang unik dan semenarik mungkin. Misalnya, membut lukisan dinding, pop art, graffiti, dan semacamnya pada dinding sebagai media pengganti stiker wallpaper kamar anak, sehingga terlihat lebih meriah dan nyata. Jika memang mereka tertarik, itu artinya hasil dekorasimu memang bagus dan layak dipertimbangkan. Apalagi jika klien memiliki budget pas-pasan. Pasti mereka akan berpikir dua kali jika harus menyewa jasa desainer interior professional.

 

3. Memanfaatkan benda daur ulang untuk menunjang dekorasi

Dalam hal dekorasi, hiasan (baik dinding, lantai, dan sebagainya) juga dibutuhkan. Daripada kamu beli, sekaligus untuk menghemat anggaran, ada baiknya manfaatkan kreativitas untuk membuat hiasan yang menarik. Sebagai contoh, Anda bisa buat jam dinding vintage yang dibuat dari papan kayu bekas yang sudah dicat dan dipermak sedemikian rupa. Hasilnya, jam dinding bisa kamu pasang untuk dekorasi ruangan atau bahkan dijual.

 

4. Rajin mengikuti event atau acara yang berkaitan dengan dunia kreatif

Rajin ikut event secara otomatis akan membuat kreativitas kamu semakin terasah. Pengetahuan pun juga semakin berkembang. Banyak ilmu yang akan kamu dapat saat bertemu dengan banyak orang. Jadi, jika ada event yang berhubungan dengan industri kreatif, jangan pernah berpikir dua kali untuk ikut bergabung.

Kesimpulannya, apapun hobi dan kegiatan yang sedang digeluti, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkannya. Asal ada komitmen dan tekad yang kuat, tidak ada yang tidak bisa kamu lakukan. Apalagi jika kamu seorang ibu rumah tangga. Menjadi seorang ibu yang serba bisa pasti akan sangat menyenangkan karena selain untuk mengisi waktu luang, mendekor rumah juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Contoh yang paling sederhana adalah membuat desain wallpaper dinding untuk dekorasi kamar anak. Mengingat harga wallpaper anak lumayan bervariasi di pasaran, tentu ini bisa menjadi bisnis yang sangat menggiurkan. Tertarik mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *