Pentingnya Melapisi Dak Beton dengan Waterproofing

Melapisi Dak Beton dengan Waterproofing

Afulltankofgas.com – Dalam dunia konstruksi penggunaan dak beton sebagai bagian dari sebuah bangunan bukan hal yang baru lagi, dak beton biasa digunakan sebagai atap, lantai, hingga dinding. Dak dinilai lebih kuat dan tahan lama dibanding material lain, sayangnya permukaan yang berpori dan mudah muncul retakan halus membuat dak menjadi rawan bocor.

Mengenal teknik waterproofing dak beton

waterproofing dak beton

Cara yang paling sering digunakan untuk mengatasi masalah retak dan bocor pada dak beton adalah dengan teknik waterproofing, bisa berbentuk cairan, ataupun waterproofing membrane. Jenis yang digunakan tergantung dari tingkat kerusakan dan sifat dak beton.

Seberapa penting pelapisan dak menggunakan waterproofing? Jawabannya adalah sangat penting. Dak bocor yang dibiarkan terus menerus dapat merusak benda-benda yang ada di bawah maupun di atas permukaan.

Hal terburuk adalah bangunan bisa roboh akibat proses pelapukan, sangat mengerikan jika material bangunan yang roboh menimpa anda atau orang lain, nyawa menjadi taruhan. Agar mendapat hasil maksimal sebaiknya proses pelapisan diserahkan saja kepada penyedia jasa waterproofing Jakarta.

Setiap jenis waterproofing memiliki perannya sendiri. Seperti waterproofing membrane yang cocok digunakan pada tempat dengan tingkat kelembaban tinggi, seperti lantai maupun dinding basement, kolam renang, dan balkon. Sebab jenis ini memiliki serat yang kuat dan mengandung bahan bitumen.

Cara penggunaannya adalah dengan dibakar, jenis ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya :

  1. Mudah dalam proses pemasangannya.
  2. Awet, tahan terhadap reaksi garam dan bahan kimia.
  3. Memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi, lentur, dan daya tarik yang baik.
  4. Dapat menyesuaikan dan tetap stabil terhadap berbagai macam perubahan suhu, baik panas maupun dingin.

Proteksi tambahan pada dak beton sangat penting, selain mencegah kerusakan berkepanjangan juga bisa menambah unsur estetika. Salah satunya adalah dengan melapisi dak menggunakan cairan waterproofing. Walaupun terbilang mudah faktanya cara ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, hanya orang-orang yang memiliki kemampuan dan pengalamanlah yang bisa mengaplikasikan dengan sempurna. Untuk itu gunakanlah jasa waterproofing Jakarta agar mendapatkan hasil maksimal sesuai ekspektasi.

Tahap pertama yang harus dilakukan sebelum dak siap dilapisi waterproofing adalah pengecekan, apakah ada retakan atau tidak, setelah itu tandai retakan. Selanjutnya bersihkan permukaan dak dari debu dan kotoran yang menempel menggunakan sikat. Baru kemudian lapisi permukaan menggunakan cairan yang diaplikasikan dengan kuas atau rol. Dimulai dari titik paling ujung. Segera tempelkan serat fiber pada bagian yang retak kemudian tekan-tekan, bisa juga ditekan dengan rol yang sudah dicelupkan ke dalam waterproofing. Ulangi sampai seluruh permukaan tertutup sempurna.

Tunggu sampai benar-benar kering. Dalam tahap finishing anda harus membuat adonan semen yang dicampur dengan waterproofing. Ratakan adonan semen ke atas permukaan dak dengan ketebalan sekitar 3-5 cm. Haluskan menggunakan alat raskam, pastikan tidak ada bagian yang bergelombang dan padat.

Pengerjaan yang benar bisa melindungi dak beton dari kebocoran, baik air hujan maupun air yang merembes dari tanah. Hal ini merupakan kabar gembira sebab biaya renovasi bangunan bisa anda simpan untuk kebutuhan yang lain.

Anda tidak perlu khawatir dan cemas lagi dengan bayangan-bayangan mengerikan akibat bocor seperti roboh, dinding berjamur, properti rusak, kerangka lapuk, dan lain sebagainya. Selain itu jika anda ingin menjual bangunan nilainya bisa bertambah karena bangunan anda memiliki kualitas yang bagus, kokoh, kuat, dan anti bocor. Segera percayakan perawatan dak beton kepada jasa waterproofing Jakarta, supaya mendapatkan hasil yang memuaskan.

​​​​​​

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *