Pengertian Dari Neon Box

Pengertian Dari Neon Box

Menyusuri jalanan kota di waktu malam, apalagi ada yang menemani, tentu sangat mengasyikkan. Di sepanjang jalan tentu berderet banyak papan nama yang memendar cahaya warna-warni indah dengan segala atribut di dalamnya. Plang papan nama ini sering dijumpai di banyak pertokoan, pusat bisnis, dan hiburan sebagai penanda keberadaanya agar mudah dikenali orang saat malam hari. Papan nama ini umumnya berbentuk kotak, walaupun ada juga yang berbentuk tabung atau oval. Satu-satunya yang membedakan papan nama ini dengan baliho adalah ukurannya yang relatif kecil dan imut.

Apa Itu Neon Box?

Papan nama yang dilengkapi lampu tersebut disebut juga neon box. Namun, masih banyak pertanyaan tentang neon box. Umumnya pertanyaannya seragam yakni, “Apa Itu Neon Box?”. Neon box bisa disebut media reklame atau papan identitas tentang jenis usaha yang ditandai dengan papan berikut keterangan. Singkatnya, neon box berupa papan nama toko atau plang yang diberi lampu penerang. Keberadaan papan nama yang menyala ini semakin banyak dijumpai di banyak kota-kota besar. Hal ini mudah dipahami mengingat usaha yang dijalani pelaku berlanjut hingga malam hari yang membutuhkan penerang agar papan nama mudah terbaca.

Keterangan tentang nama dan identitas lainnya pada papan nama tentu sulit terbaca saat malam hari. Oleh karena itu diberi penerang di sekitar plang tersebut. Penempatan lampu di sekitar papan nama ini tentu kurang maksimal. mengingat cahaya berpendar ke segala arah yang mengakibatkan keterangan pada papan nama menjadi tidak jelas. Untuk mengatasi hal ini, maka dibuatkanlah kotak dengan lampu di dalamnya agar cahaya lampu berputar di sekitar kotak yang kemudian populer di sebut neon box.

Sejarah Neon Box

Jauh sebelum teknologi lampu neon dikembangkan, upaya menghadirkan neon box telah dirintis pada 1675 yang saat itu belum mengenal listrik. Tetapi, astronom Prancis,  Jean Picard, secara tak sengaja dapat menghadirkan pendaran cahaya redup pada tabung berisi gas merkuri saat diguncang. Sejak saat itu banyak ilmuwan yang berusaha mendapatkan pendaran cahaya cemerlang berdasarkan gas. Hasilnya, terciptalah tabung yang dapat menyala saat dialiri listrik pada 1855 oleh fisikawan Heinrich Geissler dari Jerman. 43 tahun kemudian, tepatnya pada 1898, ilmuwan dari Inggris,  William Ramsey, menyempurnakan penemuan ini yang diberi nama neon. Kata neon itu sendiri berarti gas baru dalam bahasa Yunani. Sejak saat itu banyak kota besar dunia menyala benderang berkat teknologi neon ini.

Kegunaan Neon Box

Neon box atau neon sign memiliki kegunaan yang penting bagi para pelaku usaha agar usahanya semakin dikenal dan berkembang. Penempatan neon box berukuran besar dengan cahaya warna-warni dengan mudah dapat menandai keberadaan bisnis itu. Melalui cara ini, usaha yang dikembangkan akan dikenal masyarakat tanpa biaya iklan dan reklame. Di samping itu, neon box juga dapat digunakan sebagai media promosi gratis pada kendaraan operasional yang hilir mudik di jalanan.

Secara umum, kehadiran neon box tidak hanya sebatas penanda identitas bisnis. Melainkan juga sebagai media promosi, dan efek kemeriahan pada sekitar lokasi bisnis tersebut. Untuk mengundang keramaian pada malam hari, para pelaku bisnis biasanya menghadirkan banyak neon box berukuran besar dengan pendar cahaya warna-warni yang indah. Dengan kehadiran neon box, paling tidak, kegelapan malam dapat diubah menjadi kemeriahan malam yang indah sehingga bisnis dapat dilanjutkan meski malam sekalipun. Sekarang sudah jelas, kan? Kami harap, artikel ini dapat menjawab pertanyaan tentang apa itu neon box?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *