Pengerjaan Partisi GRC yang Mudah dan Sederhana

Solusi untuk membagi-bagi sebuah ruangan yang besar adalah dengan menggunakan partisi. Kegunaan dari partisi ini adalah untuk memisahkan satu ruangan dengan ruangan yang lainnya agar ruangan yang besar dapat digunakan seefisien mungkin. Partisi ini sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu permanen dan semi permanen. Salah satu yang paling sering digunakan adalah partisi semi permanen.

Partisi yang sifatnya semi permanen lebih sering digunakan karena partisi ini cenderung lebih mudah dari segi pemasangan dan pembongkaran. Pemasangan yang cepat ini juga akan mempercepat ruangan untuk dapat digunakan untuk kegiatan Anda. Pembongkarannya pun cukup cepat sehingga jika nantinya Anda ingin membongkarnya, tidak perlu menunggu terlalu lama dan ruangan yang lebih luas dapat langsung Anda gunakan kembali.

Partisi semi permanen sendiri dapat terbuat dari berbagai macam jenis bahan material yang berbeda-beda, seperti gypsum, triplek, kayu, kaca, dan bahan material lainnya. Pernah melihat banner “jual GRC” di toko bangunan? GRC juga adalah satu bahan material untuk pembuatan partisi. GRC atau Glassfiber Reinforced Concrete. Bahan ini sering digunakan untuk berbagai bagian dari bangunan, seperti partisi, lisplang, plafon, dan lain-lain.

 

Bahan material GRC ini terbuat dari campuran semen fiberglass, sehingga bahan ini cukup kuat untuk digunakan pada berbagai bagian dari bangunan. Bahan ini anti jamur dan rembes karena bersifat kedap air, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan munculnya rembesan air yang akhirnya akan mengakibatkan jamur yang tentu saja membuat ruangan terasa lembab dan tidak sehat. Bahan ini semakin menjadi idola karena anti rayap! GRC ini tidak mengandung kayu sehingga rayap tidak menyukai bahan ini. Dengan begitu, ruangan dapat terhindarkan dari serangan rayap yang pastinya akan sangat sulit pembasmiannya. Oleh karena itu, bahan GRC ini kuat dan tahan lama.

 

Tidak hanya itu, GRC semakin menjadi primadona karena GRC ini mudah dibentuk sesuai dengan keinginan Anda. BIasanya, GRC bisa Anda dapatkan dalam bentuk lembaran papan seperti halnya papan tripleks, dengan ukuran yang berbeda-beda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk membuatnya menjadi berbagai macam bentuk yang unik, papan GRC ini dapat dengan mudah dipotong menjadi pola yang Anda inginkan.

Proses Pengerjaan Partisi GRC Board

Pemotongan papan GRC pun tidak terlalu rumit. Anda dapat memotongnya dengan alat sederhana, yaitu cutter dan gergaji. Anda dapat menggambarkan terlebih dahulu pola dari bentuk yang Anda inginkan pada GRC untuk membentuk guide saat pemotongan dilakukan dan pemotongan dapat dilakukan dengan mengikuti sketsa yang sudah dibuat tersebut. Pemotongan harus dilakukan dengan hati-hati dan rapi. Apabila Anda menggunakan GRC board yang lebih tipis, cutter khusus bangunan sudah cukup untuk memotong GRC board sesuai dengan pola. Namun, apabila menggunakan GRC board yang lebih tebal, penggunaan gergaji akan sangat mempermudah pengerjaan.

Untuk membentuk garis lurus, pemotongan dapat dilakukan dengan bantuan penggaris. Potong papan GRC tepat di ujung penggaris sesuai dengan panjang yang Anda inginkan.

 

Untuk partisi yang bermotif dan berpola, Anda dapat menggunakan cutter bangunan dan gergaji yang lebih tipis untuk memudahkan pengerjaan pemotongan. Pola yang sudah digambarkan di atas papan GRC kemudian dijadikan panduan untuk memotong papan GRC. Usahakan menggunakan alat pemotong yang lebih ramping untuk memastikan keakuratan pemotongan. Pastikan pemotongan dilakukan dengan rapi agar hasilnya adalah yang terbaik. Anda dapat menggunakan papan GRC bekas untuk Anda gunakan berlatih memotong untuk menciptakan hasil yang terbaik nantinya.

Setelah pemotongan selesai dilakukan, Anda dapat melakukan finishing pada partisi dengan mengecatnya menggunakan warna yang Anda inginkan. Akhirnya, Anda dapat melapisinya dengan pelapis GRC untuk hasil yang lebih tahan lama. Anda bisa mendapatkan di toko jual GRCatau toko bangunan lainnya.

Jika partisi GRC sudah sesuai dengan keinginan Anda, pasang partisi GRC pada framenya dan akhirnya siap dipasangkan pada bagian ruangan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *