Menikmati Nostalgia di Restoran Antik Betawi Tempo Dulu di Jakarta

Bersantai sambil menyantap hidangan khas tradisional di restoran dengan interior unik adalah pengalaman yang menyenangkan. Tempat makan modern yang konteporer memberikan atmosfir berbeda dengan restoran berkonsep antik. Tentu untuk dapat mengadaptasikan sebuah gaya interior tertentu diperlukan riset atau bantuan jasa kontraktor interior restaurant. Sehingga nuansa antik berpadu dengan tepat dengan hidangan yang disediakan.

Mengintip Beberapa Model Resto Antik Ala Betawi Lama

Tidak perlu bepergian jauh untuk mendapatkan sensasi resto yang antik. Banyak bangunan asli yang telah menahun di ibukota berubah fungsi dari hunian perumahan menjadi tempat restaurant yang mempertahankan bentuk antiknya. Bahkan walaupun bukan berasal dari bangunan tua, telah banyak restauran yang menggandeng jasa kontraktor Jakarta untuk menyulap restaurant biasa dengan interior yang antik dan menarik. Berikut adalah beberapa restaurant di jakarta dengan tampilan khas betawi tempo dulu.

1. Warna Kontras Bernuansa Rustic

 

Tampilan antik umumnya didominasi warna gelap atau coklat tua. Namun berbeda dengan resto antik yang bertema Betawi ini. Warna kontrasnya menyemarakan suasana dan juga mencerahkan pemandangan. Perabotan berbahan kayu dipalisi oleh cat berwarna merah, kuning atau biru cerah. Bahkan ukiran meja makan pun tidak luput dari sentuhan warna kontras yang ceria. Tempat makan yang menghidangkan makanan ala betawi ini telah berhasil menciptakan resto dengan tampilan Betawi di masa lampau.

2. Restoran Jakarta Jaman Batavia

 

Sebelum dikenal sebagai Jakarta, sebutan ibukota bagi para penjajahan kolonial Belanda adalah Batavia. Dan bukan hanya nama saja yang dipengaruhi oleh Belanda. Bangunan dengan arsitektural barat menghiasi jalan-jalan utama ibu kota. Oleh karena itu merupakan hal yang wajar bila ada restoran ala betawi yang menampilkan interior dari kejayaan era Batavia. Pilar tiang yang lebar, ornamen kayu yang mendominasi, serta paduan warna kream dan coklat tua memberikan sentuhan antik tempo dulu khas hunian eropa.

3. Resto Berwujud Rumah Kuno

 

Restoran di Jakarta yang satu ini dipenuhi oleh barang-barang antik yang dimiliki oleh pemilik restoran. Diawali dari rumah warisan keluarga secara turun menurun, dialih fungsi menjadi tempat makan yang antik dan justru diminati pengunjung. Selain dapat menikmati makanan yang dihidangkan, pengunjung juga dapat mengagumi koleksi porselen china, piring antik, dan perabotan tempo dulu yang berbaur antara budaya betawi, China dan Belanda.

Baca juga: Pengerjaan Partisi GRC yang Mudah dan Sederhana

4. Restoran Antik Dalam Kubah

 

Tempat makan berikut juga tergolong antik, dikarenakan berada dalam komplek bangunan tua. Dahulunya berfungsi sebagai area perkantoran Belanda kini menjadi restauran yang unik dengan sentuhan tradisional betawi. Fitur paling menarik dari restaurant ini adalah bentuk kubahnya yang tinggi dan membuat suasana di dalam menjadi sejuk. Area makan didominasi dengan perabotan kayu dari meja, kursi sampai area prasmanan yang menyerupai perahu kayu.

5. Resto Antik Khas Jalanan Tempo Doelo

 

BIla anda ingin menggunakan konsep antik ala masa jaman betawi, tidak harus terlalu memaksakan interior yang rumit. Seperti resto berikut yang menggunakan perabotan kayu yang bersahaja. Hiasan dekorasinya pun menggunakan berbagai pernak-pernik tua yang mudah dijumpai dipasaran secara bebas. Alih-alih terlihat kaku atau mewah malah menjadi tempat makan dengan suasana santai yang merakyat.

Demikianlah beberapa desain interior rumah makan dengan konsep antik yang mengakar dari tradisi Betawi dalam beberapa era. Sehingga terdapat beragam tampilan yang dapat dieksplorasi baik yang elegan dan mewah ataupun yang bersahaja dan santai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *