5 Keunggulan Bata Hebel Sebagai Material Bangunan

Keunggulan Bata Hebel

Pernahkah Anda mendengar tentang bata hebel? Bata hebel sekilas terlihat sangat mirip seperti batako. Banyak orang yang tertipu secara visual, namun bata ini sebenarnya jauh lebih ringan dibandingkan dengan batako. Oleh karena itu, bata hebel lebih sering juga disebut sebagai bata ringan.

Walau sangat ringan, bata hebel sangat diminati oleh sebagian orang. Materialnya berasal dari semen, kapur, pasir kwarsa, sedikit gypsum, air, dan aluminium pasta. Bata ringan harus melalui berbagai proses mulai dari pengadonan, pengerasan, pencetakan, hingga pengeringan. Setelah semua proses itu selesai, barulah bata ringan bisa digunakan sebagai material bangunan.

5 Keunggulan dari Bata Hebel

Bata hebel atau bata ringan sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 1995. Bata ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu bata ringan Autoclaved Aerated Concrete (AAC) dan bata ringan Cellular Lightweight Concrete(CLC). Pembeda diantara keduanya adalah dari proses pengeringannya. Jika proses pengeringan bata AAC dilakukan dengan menggunakan oven autoklaf, bata CLC lebih kearah proses pengeringan secara alami.

Semakin tingginya permintaan terhadap bata hebel ini disebabkan karena beberapa keunggulan yang ditawarkannya. Adapun beberapa keunggulannya itu, diantaranya:

1. Lebih Ringan

Walau ukurannya sama, bata hebel jauh lebih ringan dibanding batako. Ini dikarenakan keduanya dibuat dari material yang berbeda. Selain itu, kelebihan dari bata ini juga membuat proses pengangkutan dan pemindahannya jadi lebih mudah. Berbeda dengan bata merah dan batako yang terbilang cukup berat.

2. Tidak Butuh Banyak Perekat

Pemasangan bata hebel sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak perekat. Hal ini memudahkan pekerja proyek dan sangat menghemat waktu serta biaya.

3. Bentuk dan Ukurannya Lebih Seragam

Proses pencetakan bata hebel dilakukan menggunakan alat. Berbeda dengan bata ringan yang dicetak secara manual oleh tangan manusia. Oleh karena itu hasil cetakan bata hebel ini terlihat lebih rapi dan ukurannyapun sama satu sama lain.  Ukuran dan bentuk yang berbeda hanya akan mempersulit pengerjaan konstruksi.

4. Kedap Suara

Anda ingin rumah yang kedap suara? Bata hebel bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan Anda. Komposisi material yang ada pada bata ringan ini membuatnya memiliki daya kedap suara yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan batako maupun bata merah.

5. Lebih Kokoh dan Tahan Api

Walau ringan, bata hebel terkenal kokoh dan lebih kuat daripada bata merah. Hal inilah yang membuat peminatnya terus bertambah. Bahkan jika ada bencana alam seperti gempa, rumah yang dibangun menggunakan bata ringan cenderung lebih tahan lama dalam menghadapinya. Selain itu bata hebel juga tahan terhadap api sehingga Anda tidak perlu khawatir saat terjadinya kebakaran.

Itulah lima keunggulan paling mencolok dari bata hebel atau bata ringan. Bata ini sendiri sebenarnya sudah memiliki banyak peminat. Namun karena lebih mahal dari bata merah, jadi penggunanya baru berasal dari kalangan atas saja.

Pentingnya Memilih Material yang Berkualitas

Keunggulan Bata Hebel

Rumah adalah sebuah tempat yang seharusnya memberikan kenyamanan bagi Anda maupun keluarga. Pastikan Anda melakukan perencanaan yang baik agar rumah yang dibangun dapat berdiri kokoh dan bertahan dalam jangka waktu yang lama, bukannya justru membahayakan keselamatan penghuninya. Memilih material bangunan yang berkualitas bisa menjadi investasi jangka panjang sehingga jangan ragu melakukannya.

Terlepas dari itu semua, bata hebel memang bisa dibilang lebih mahal daripada bata merah dan jenis bata umum lainnya. Namun jika bisa membuat rumah Anda lebih kokoh dan aman, kenapa tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *