Kenali Jenis Bahan untuk Sekat Ruangan yang Dijual di Pasaran

Sekat ruang atau dikenal dengan nama partisi berfungsi untuk memisahkan antar ruang. Sekat ruang biasanya dibuat non permanen, hal ini bertujuan agar pemilik rumah dapat memindah sekat tersebut sesuka hati sesuai dengan kebutuhan. Sekat ruangan ini dijual dalam berbagai macam bentuk dan bahan, harganya pun cukup bervariatif tergantung material pembuatannya. Apabila Anda ingin menghias rumah dengan pemakaian partisi, sebaiknya kenali dahulu bahan – bahan pembuatannya agar tidak salah memilih.

Bahan untuk Sekat Ruangan

Bahan Sekat Ruang yang Dijual di Pasaran

Saat ini banyak sekali bahan yang bisa dijadikan material untuk membuat pembatas ruanganMungkin banyak orang yang masih bingung ingin pilih partisi dengan bahan yang bagaimana. Yuk langsung saja simak kelebihan dari beberapa bahan partisi yang dijual dipasaran berikut ini.

a. Bahan Kayu

Kayu banyak digunakan sebagai bahan pembuatan partisi atau sekat ruang, karena kayu memiliki serat yang alami sehingga sangat mudah untuk dibentuk. Partisi kayu biasanya dipadukan dengan bahan lainnya seperti kaca, besi atau akrilik. Namun partisi kayu biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal dibandingkan dengan bahan partisi lainnya, selain itu kayu sangat mudah terserang rayap sehingga membutuhkan perawatan secara khusus.

b. Bahan Bambu

Partisi Bahan Bambu

Siapa yang menyangka, bahwa bambu juga bisa dijadikan bahan pembuatan partisi. Bambu yang dipakai biasanya dalam bentuk utuh atau anyaman, tergantung dari kebutuhan konsumen. Dengan penggunaan sekat ruangan berbahan bambu, membuat ruangan menjadi lebih natural. Kelebihan dari partisi ini adalah mudah didapat, lebih alami dan murah harganya.

c. Bahan Kaca

Partisi berbahan kaca sering dipakai pada ruangan kantor, apartemen atau hotel. Kelebihan dari kaca adalah lebih awet dan mudah dibersihkan. Selain itu ruangan yang memakai partisi kaca juga lebih terkesan luas dan menghemat listrik, karena cahaya matahari bisa masuk secara maksimal ke dalam ruangan. Akan tetapi kekurangan dari partisi ini adalah harganya yang mahal dan rentan terhadap benturan.

d. Bahan Gypsum

Saat ini gypsum sudah sangat populer digunakan dalam pembuatan partisi, karena bahannya yang mudah untuk dibentuk dan dibandrol dengan harga yang murah. Selain itu, pembatas ruangan berbahan gypsum juga lebih mudah dalam perawatannya. Apabila Anda ingin memakai partisi gypsum lebih baik menggunakan jasa profesional untuk membuatnya, agar tidak salah langkah dalam pemasangannya.

e. Bahan Rotan

Rotan merupakan produk sampingan dari pohon rotan, biasanya produk yang sering digunakan sebagai bahan partisi adalah kulit rotan. Partisi rotan dibuat dengan cara di anyam, seperti partisi bahan bambu. Kelebihan dari partisi jenis ini adalah lebih awet, memiliki corak alami dan harganya yang murah. Namun dalam perawatannya terbilang cukup rumit, karena rotan lebih muda rusak jika terkena hujan dan panas.

Jenis bahan sekat ruangan yang telah dijelaskan diatas merupakan jenis bahan yang sering dijual dipasaran. Sebenarnya masih banyak bahan yang bisa dijadikan partisi, seperti kain, kertas dan tanaman. Penggunaan partisi ruang saat ini sangat menguntungkan, karena partisi tidak memakan tempat terlalu banyak sehingga ruangan masih terlihat luas. Selain itu, penggunaan partisi bisa menambah nilai estetika dari hunian tersebut dibandingkan dengan pemakaian dinding berbahan batu atau bata. Itulah berbagai jenis bahan partisi yang bisa Anda pilih, jika ingin mencoba menggunakannya jangan lupa untuk menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan rumah. Jangan sampai partisi yang dibeli nantinya, tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *