Kelebihan dan Kekurangan Roller Blind yang Jarang Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Roller Blind

Bicara mengenai penutup jendela, mungkin yang terlintas di pikiran Anda adalah gorden atau tirai. Tapi pernahkah Anda mendengar tentang window blind? Dari tampilan maupun materialnya memang berbeda dari gorden, namun fungsinya sama. Tidak lain adalah untuk membatasi cahaya yang masuk dari luar bangunan. Salah satu tipe dari window blind sendiri adalah roller blind. Tipe blind ini adalah yang cukup banyak digunakan di perkantoran dan rumah-rumah.

Harga Roller Blind Sesuai Tipenya

Roller blind dulunya banyak digunakan di ruangan-ruangan yang ada di gedung perkantoran. Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan penutup jendela ini mulai banyak diterapkan di rumah. Cara pengoperasiannya juga sangat mudah, yaitu dengan menarik tali yang telah disediakan atau dengan menggunakan remote control.

1. Blackout Roller Blind

Kelebihan dan Kekurangan Roller Blind

Dalam sebuah rumah pastinya ada ruangan-ruangan tertentu yang membutuhkan privasi lebih dibanding ruangan lainnya. Anda bisa memilih blackout blind sebagai antisipasi. Tipe blind ini sendiri sebenarnya berfungsi memblokir total cahaya yang berasal dari luar jendela. Anda harus menyalakan lampu untuk bisa beraktivitas di dalam ruangan. Sangat berguna jika diterapkan di ruang menonton pribadi. Harga roller blind tipe blackout dibanderol mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Semakin tinggi kualitasnya, semakin mahal harga jualnya.

2. Sunscreen Roller Blind

Kelebihan dan Kekurangan Roller Blind

Sedikit berbeda dengan tipe sebelumnya, sunscreen roller blind berfungsi sekedar untuk membatasi cahaya matahari yang masuk melalui jendela. Jadi tipe blind ini tidak benar-benar memblokir cahaya dari luar. Roller blind yang satu ini biasanya dipasang di ruang keluarga dan ruang tamu. Walau Anda menutup jendela dengan sunscreen blind, ruangan tetap mendapatkan cahaya matahari yang cukup sehingga Anda tetap bisa beraktivitas tanpa harus menyalakan lampu. Harga roller blind tipe ini dibanderol dengan harga yang berkisar sama seperti blackout roller blind.

Keunggulan Roller Blind

Rumah bergaya modern saat ini sudah banyak yang mengganti tirai jendelanya dengan tipe roller blind. Hal ini disebabkan karena beberapa keunggulan yang dimilikinya, diantaranya yaitu:

1. Lebih Praktis

Penggunaan roller blind dinilai jauh lebih praktis dibanding gorden. Saat sedang tidak digunakan, Anda tinggal menggulungnya keatas, jadi Anda juga bisa lebih hemat tempat. Beberapa kain gorden didesain lebih panjang sehingga membuatnya menjuntai kebawah. Selain itu, penggunaan gorden dinilai sudah sangat mainstream dan kurang cocok dengan desain rumah modern.

2. Hemat Listrik

Sunscreen roller blind dapat membantu menghemat daya listrik di rumah Anda. Pada siang hari yang panas, Anda dapat menutup jendela dengan roller blind tanpa membuat ruangan menjadi gelap. Selain mengurangi panas matahari, Anda tetap bisa beraktivitas tanpa menyalakan lampu.

3. Mudah Dibersihkan

Jika gorden harus dicuci, lain halnya dengan roller blind. Anda hanya perlu mengelapnya dengan tisu basah atau kain lap. Selain harus dicuci, gorden juga perlu dilepas dari pengaitnya, sehingga hal ini pastinya akan lebih merepotkan, bukan?

Kekurangan Roller Blind

Adapun kekurangan dari roller blind, diantaranya yaitu:

1. Harganya Lebih Mahal

Jika dibandingkan dengan gorden atau tirai biasa, harga roller blind dinilai sedikit lebih mahal. Harganya bisa mencapai jutaan, sedangkan kain gorden biasa bisa didapat mulai dari puluhan ribu.

2. Instalasi Bersifat Permanen

Pemasangan roller blind sifatnya permanen. Jika Anda bosan dengan motifnya, menggantinya akan sulit karena itu artinya Anda harus melepas semua instalasinya. Tentu tidak bisa disamakan dengan gorden yang bisa dipasang dan dilepas sesuka hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *