Canggihnya Instalasi Pintu Geser Otomatis Digedung Perkantoran Maupun Pusat Perbelanjaan

Pintu otomatis dugunakan untuk memfasilitasi pergerakan cepat masyarakat. pemasangan pintu ini biasanya digunakan pada tempat-tempat umum pemerintahan maupun swasta. Pintu yang membuka dan menutup otomatis dianggap lebih simple dibandingkan dengan pintu manual. Apalagi pintu yang biasa dilewati oleh banyak orang. Pintu otomatis memanfaatkan jasa instalasi listrik pada saat pemasangannya.

Pintu otomatis memang terlihat sederhana dan sangat simple. Orang berada didepan pintu kemudian pintu membuka dengan sendirinya. Sistem kerjanya sangat mudah tapi nyatanya butuh alat dan sistem yang canggih pada proses instalasinya. Pintu otomatis memanfaatkan beberapa macam sensor agar dapat bekerja sebagaimana mestinya. Berikut ini beberapa sistem sensor yang biasa digunakan untuk kontraktor ME pada saat meng-instalasi pintu geser otomatis.

Sensor Panas Tubuh

Sensor yang digunakan pada proses instalasi pintu geser yang pertama memanfaatkan sensor panas tubuh. Semua mahluk hidup memiliki panas tubuh yang terjadi ketika melakukan sebuah kegiatan. Pada saat manusia diam maka suhu tubuh akan stabil dan membuat pintu tidak terbuka. Panas tubuh manusia yang bergerak mendekati pintu akan membuat pintu secara otomatis mendeteksi gerakan dan perubahan suhu yang terjadi.

Sensor ini diletakkan pada bagian samping atau atas pintu. Pada saat proses pemasangan dilakukan riset terlebih dahulu. Riset dilakukan untuk menentukan area yang tepat. Luas area yang membuat pintu membuka otomatis ketika ada orang diekatnya.

Sensor Tekanan

Pernahkah kalian menonton film toy story. Pada filmu tersebut ada sebuah adegan dimana salah Woody memasuki sebuah toko mainan untuk menyelamatkan temannya. Pada adegan itu ternyata pintu tidak dapat terbuka secara otomatis. Kemudian Woody membawa sebuah kardus berisi mainan lain untuk diletakkan diatas keset. Pintu kemudian terbuka secara otomatis karena terjadi tekanan.

Pintu tersebut menggunakan sensor tekanan yang diletakkan pada bagian bawah keset. Pada saat seseorang menginjak keset tersebut maka pintu akan secara otomatis terbuka. Tekanan yang diperlukan disesuaikan dengan berat manusia. Jadi tidak semua tekanan akan membuat pintu terbuka. Proses instalasi dilakukan dengan menentukan berat minimal dan maksimal pintu akan terbuka. Hal ini dilakukan agar penggunaan pintu kaca dapat bekerja sesuai sasaran yaitu untuk manusia.

Sensor Optik

Sensor optic ini merupakan salah satu teknologi canggih yang biasa digunakan oleh para kontraktor ME. Proses instalasi ini memanfaatkan sinar infra merah untuk membantu pendeteksian. Infra merah dipasang dan didepan pintu. Sinar ini akan menghalangi pintu secara kasat mata. Pada saat seseorang berjalan menerobos sinar infra merah didepan pintu maka secara otomatis pintu juga ikut terbuka.

Sensor infra merah yang terbukan akan memerintahkan pintu untuk membuka dan memberikan jalan. Sensor ini pastinya sangat responsif terhadap segala sesuatu yang mengenainya. Jadi tidak ada kasus pintu tidak terbuka seperti yang terjadi pada serial toy story.

Kemajuan teknologi memang mampu memudahkan setiap kegiatan manusia. Pintu geser menjadi salah satu terobosan yang memantu mobilisasi masyarakat. keberadaan pintu geser juga menjadi sebuah indikator kemajuan sebuah usaha. Tempat-tempat umum di Indonesia khusunya diperkotaan telah beralih menggunakan pintu otomatis. Kemudahan dan keawetan menjadi perimbangan.

Pintu manual biasanya mudah rusak karena proses membuka dan menutup yang dilakukan manusia terkadang semaunya. Berbeda dengan pintu otomatis yang mampu membuka dan menutup sendiri. Proses menutup dan membuka ini sudah disetting sedemikian rupa sehingga mampu menjaga keawetan pintu itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *