Ingin Mengusung Gaya Industrial pada Kafemu? Intip Berbagai Elemennya Di Sini!

Dekorasi Gaya Industrial

Kalian tentu sudah tidak asing dengan tempat nongkrong nyaman yang bernama kafe. Terlebih, saat ini semakin banyak kafe yang bermunculan hingga di kota-kota kecil sekalipun. Setiap kafe biasanya memiliki konsep beserta filosofinya tersendiri. Terdapat beberapa tema yang sedang tren dan diterapkan pada berbagai kafe, salah satunya kafe dengan tema hewan.

Walaupun demikian, ada beberapa tema lama yang tetap mempertahankan eksistensinya hingga sekarang, seperti tema industrial. For your information, gaya arsitektur industrial mulai muncul pada tahun 1950. Sekarang cukup banyak kafe dengan tema industrial yang bisa ditemui. Nah, industrial sendiri tentunya memiliki beberapa elemen yang menjadi ciri khasnya. Simak yuk ulasan mengenai elemen-elemen yang berkaitan dengan gaya industrial berikut ini!

Unfinished Wall

Unfinished Wall

Pada umumnya bangunan dapat dibuat dari berbagai material dan setelahnya dilakukan finishing contohnya dengan melapisi material dengan cat dinding. Akan tetapi, bertolak belakang dengan kenyataan itu, unfinished adalah suatu ciri khas yang ditonjolkan dalam gaya industrial.

Oh iya, bagi kalian yang belum tahu, konsep industrial itu sendiri muncul dari maraknya bangunan bekas pabrik terbengkalai di Eropa. Jika bangunan yang ingin kalian terapkan dengan konsep industrial terlanjur “jadi” (finished), kalian bisa kok pakai alternatif lainnya seperti wallpaper dinding murah. Berikut ini beberapa contoh corak wallpaper yang erat kaitannya dengan konsep industrial.

  • Corak Dinding Semen

Bagi kalian yang ingin memunculkan kesan unfinished pada dinding yang sudah terlanjur “jadi”, corak wallpaper pada dinding yang satu ini bisa jadi pilihan yang sangat tepat loh. Keduanya akan memberikan tampilan yang sama, hanya teksturnya saja yang mungkin berbeda.

  • Corak Dinding Tua

Terinspirasi dari awal penemuan gaya industrial, corak dinding tua cocok banget nih untuk memberikan kesan industrial yang awalnya muncul dari bangunan pabrik terbengkalai. Jika kalian suka barang antik, kuno, dan terkesan old, corak yang satu ini sangat pas diterapkan loh supaya serasi dengan barang-barang tersebut.

  • Corak Dinding Lapuk

Hampir serupa halnya dengan corak dinding tua, corak dinding lapuk juga dapat memberikan kesan seperti yang ditimbulkan dari bangunan terbengkalai dan membuat kental suasana industrial. Kalian mungkin akan berpikir bahwa motif ini dapat membuat suasana lebih gelap, kotor, dan lembab. Eits, jangan salah, perpaduan dan penempatan dekorasi yang tepat dapat mengatasi masalah itu dan pastinya akan terlihat lebih artistik.

  • Corak Brick Stone

Kalau wallpaper pada dinding yang satu ini cocok banget untuk diterapkan jika kalian ingin memberikan kesan dinding yang 3D. Batu yang disusun secara tak beraturan bisa menjadi corak industrial yang khas loh. Di samping itu, pilih dan tempatkan lah dekorasi serta furnitur yang senada untuk membuat ruangan terlihat lebih artistik dan nyaman untuk didiami.

Mebel Metal dan Kayu

Mebel Metal dan Kayu

Selain wallpaper dinding yang sudah dijelaskan sebelumnya, konsep industrial juga erat hubungannya dengan mebel yang terbuat dari metal dan kayu. Kalian bisa menggunakan meja dan kursi yang rangkanya menggunakan baja atau besi dengan dudukan yang terbuat dari kayu. Selain itu, kalian juga dapat memasang rangka-rangka lampu dari metal untuk digantung di langit-langit kafe. Metal adalah material yang mengekspos karakter dari industrial itu sendiri sedangkan kayu dapat memberikan kesan natural yang cocok bagi konsep ini.

Dekorasi Vintage

Dekorasi Vintage

Kalian tidak bisa menambahkan dekorasi secara serampangan pada konsep ini. Salah satu dekorasi yang bisa kalian gunakan adalah dekorasi dengan sentuhan vintage. Di samping dapat menambah daya tarik, dekorasi vintage juga sesuai untuk konsep industrial yang cenderung maskulin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *