Fungsi Dari Mencuci Karpet dengan Air Hangat

cuci-karpet-dengan-air-hangat

Karpet kini telah menjadi salah satu benda yang selalu ada di rumah. Tidak hanya sekedar untuk menjadi alas namun kini juga digunakan sebagai interior yang mempermanis sebuah ruangan karena munculnya berbagai macam karpet mulai dari jenis bahannya, warna hingga motifnya dan apalagi toko karpet sudah menjamur baik offline atau pun online.

Macam-macam Jenis Karpet Lantai

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, saat ini ada begitu banyak jenis karpet lantai yag berada di pasaran, seperti:

1. Karpet sutera

Karpet jenis ini terbuat dari serat alami sehingga harganya relatif mahal. Karena harga karpet lantai dengan bahan sutera itu mahal, inilah yang menyebabkan karpet ini tidak begitu populer

2. Karpet polypropylene

Karpet jenis ini terbuat dari serat sintetis sehingga harganya lebih ramah di kantong.

3. Karpet wol

Karpet jenis ini terbuat dari wol dengan permukaan yang halus, tahan air dan noda juga. Namun untuk harga, memang masih tergolong cukup mahal.

4. Karpet nilon

Karpet jenis ini terbuat dari bahan sintetis, mudah dibersihkan dan awet. Untuk harga, karpet jenis ini cukup ramah di kantong

5. Karpet katun

Karpet jenis ini terbuat dari bahan katun. Meskipun harganya cukup bersahabat namun karpet katun tidak bertahan lama sehingga sebaiknya digunakan di area yang jarang dilalui.

Untuk masalah harga karpet lantai, sangat bervariatif tergantung dari jenis karpet itu sendiri. Biasanya semakin mahal maka kualitas karpet juga semakin baik. Namun kualitas karpet yang baik pun jika tidak dirawat maka akan cepat rusak juga. Nah, salah satu cara untuk merawat karpet agar tidak hanya sekedar awet namun juga tetap bersih agar indah dipandang mata adalah dengan mencucinya.

Fungsi Mencuci Karpet dengan Air Hangat

Meskipun harga karpet lantai yang kamu miliki itu sangat mahal, namun jika tidak dicuci tetap aja akan kotor dan menjadi tidak awet. Karenanya, perlu sekali untuk mencuci karpet dan sangat disarankan untuk mencucinya menggunakan air hangat. Tentu ada alasan mengapa disarankan menggunakan air hanta. Karena, setidaknya ada 4 fungsi mencuci karpet dengan air hangat, yaitu:

1. Membuat karpet menjadi lebih awet

Pengguaan air hangat untuk mencuci karpet dapat membuat karpet yang sudah dengan susah payah kamu beli dari toko karpet menjadi jauh lebih awet. Hal ini dikarenakan air hangat dapat menjaga kualitas serat dari karpet yang kamu miliki.

2. Membunuh kuman dan bakteri

Penggunaan air hangat dalam proses mencuci karpet terbukti dapat membunuh bakteri dan kuman yang menempel pada karpet dengan lebih cepat dan efektif. Selain itu, air hangat juga dapat mencegah kontainasi bakteri agar tidak semakin berkembang dan berpindah tempat

3. Membuat karpet menjadi jauh lebih bersih

Air hangat yang digunakan saat proses mencuci karpet membuat karpet lebih mudah untuk dibersihkan dan noda yang menempel di karpet lebih cepat untuk dihilangkan. Hal ini dikarenakan air hangat mempunyai tegangan permukaan yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan air dingin sehingga bisa masuk hingga ke selah-selah serat pakaian. Karenanya, proses pencucian karpet menjadi jauh lebih cepat dan lebih bersih.

4. Dapat menghemat penggunaan deterjen

Air hangat membuat deterjen menjadi cepat larut sehingga dapat menghemat jumlah deterjen yang akan digunakan bahkan juga menghemat air loh.

Itu dia 4 fungsi mencuci karpet dengan air hangat. Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *