Cara Menjaga Tampilan Pintu Aluminium Agar Tetap Bagus dan Awet

Cara Menjaga Tampilan Pintu Aluminium Agar Tetap Bagus dan Awet

Pintu adalah bagian dari sebuah bangunan, di mana berfungsi menjadi penghubung antara luar rumah dengan bagian dalam maupun luar ruang. Pintu sendiri dibuat dari berbagai macam bahan, tergantung dari kebutuhan pada sebuah bangunan. Nah, material yang sering digunakan untuk pintu ini adalah aluminium.

Pintu aluminium sendiri memiliki daya tarik yang cukup besar, di mana selain dapat membuat ruangan tampak terlihat elegan, pintu ini juga memiliki kelebihan dari pintu yang menggunakan material kayu. Nah, ternyata pintu yang terbuat dari aluminium ini sendiri juga perlu dirawat agar tampilannya tetap indah dan bagus serta tahan lama.

Tips Menjaga Tampilan Aluminium Agar Tetap Bagus

 

Untuk menjaga tampilan pintu yang terbuat dari aluminium ini harus memerhatikan beberapa hal. Walaupun bahan yang satu ini sangatlah berkualitas tinggi dan cocok untuk dijadikan pintu ataupun jendela tetap harus dijaga. Cara paling disarankan agar pintu ini tetap dalam keadaan bagus adalah dengan cara berikut ini:

  1. Menggunakan cairan pembersih aluminium

Cara pertama agar tetap menjaga pintu aluminium agar tetap bagus adalah dengan menggunakan cairan pembersih aluminium untuk membersihkan pintu. Cairan pembersih ini sendiri memang dikhususkan untuk pintu yang memang terbuat dari bahan ini. Anda dapat membersihkan pintu bahan aluminium dengan menggunakan carian khusus ini. Cairan pembersih aluminium ini sangatlah efektif untuk mencegah pintu mengalami korosit atau berkarat serta melindungi pintu dari kelemababan yang juga bisa menjadi kunci dari tampilan pintu dari aluminium ini.

Untuk menggunakan cairan ini sangat disarankan untuk di botol semprot, di mana dengan menggunakan cara semport maka akan lebih mudah penggunaanya. Ketika sudah menyemprotkan dengan cairan ini, maka selanjutnya adalah mengelapnya dengan menggunakan kain lap bersih hingga benar-benar bersih dan kering.

  1. Menggunakan detergen

Tidak hanya menggunakan cairan pembersih khusus untuk aluminium, ternyata Anda juga bisa memanfaatkan detergen sebagai salah satu cara agar tampilan pintu ini tetap dalam keadaan yang bagus. Caranya sendiri sangatlah mudah yaitu dengan menyiapkan sabut pencuci piring dan juga detergen.

Pertama-tama Anda dapat mencampur detergen dengan air. Setelah itu, masukan sabut yang digunakan ke dalam air yang sudah dicampur detergen. Kemudian gosok pintu secara perlahan dan memutar. Jika sudah selanjutnya Anda dapat mengelap sisa detergen hingga bersih. Cara ini berlaku juga untuk pintu aluminium kamar mandi. Jika pintu sudah mengalami karat, ada baiknya tidak anda lanjutkan dan memanggil jasa pembersih pintu yang dapat membersihkan bahan aluminium.

  1. Hindari benturan

Cara selanjutnya agar dapat membuat pintu ini selalu tetap bagus dan juga awet adalah dengan menghindari benturan. Benturan keras pada aluminium sendiri akan menyebabkan pintu menjadi bengkok ataupun penyok. Maka dari pada itu, lebih baik membuka pintu secara perlahan atau meletakan pengganjal pintu. Hal ini sangatlah penting supaya pintu tidak terbentuk keras pada saat angin ataupun orang yang lewat.

Itu adalah beberapa cara untuk dapat menjaga tampilan pintu dari aluminum agar selalu tetap bagus. Cara ini sendiri juga berlaku pada pintu aluminium kamar mandi. Namun, untuk pintu kamar mandi yang terbuat dari bahan ini, ada baiknya membersihkan pintu lebih sering. Hal ini sendiri dikarenakan pintu kamar mandi dengan bahan ini akan selalu terkena air yang mampu mengakibatkan pintu berkarat dan menjadi rapuh. Jadi, pastikan bahwa pintu dengan bahan aluminium ini selalu dalam keadaan bersih dan terhindar dari benturan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *