Penjelasan Tentang Cara Kerja Kran Sensor

Cara Kerja Kran Sensor

Sejak zaman dahulu, manusia selalu memperbarui teknologi untuk mengalirkan air dengan mudah mengingat air merupakan kebutuhan pokok manusia. Hingga saat ini atas keberhasilan ide manusia, teknologi kran air canggih dengan menggunakan sensor pun bermunculan.

Lalu bagaimana cara kerja kran sensor ini?

Cara Kerja Kran Sensor

Kran sensor adalah keran yang ketika Anda mendekatkan tangan Anda ke keran, maka air secara otomatis akan mengalir, dan ketika Anda menjauhkan tangan Anda, air otomatis akan berhenti mengalir.

Pada dasarnya, prinsip kerja kran air sensor ini sangatlah sederhana. Yaitu menggunakan teknologi kerja inframerah. Tabung inframerah yang dipasang pada keran, akan mendeteksi kehadiran tangan Anda salah satunya mendeteksi suhu tangan Anda yang lebih hangat dari suhu sekitar. Saat tangan Anda terdeteksi, maka inframerah akan memerintahkan katup kran untuk membuka. Ketika tangan Anda menjauh yang artinya tidak ada lagi suhu hangat yang terdeteksi oleh inframerah kran, maka katup kran otomatis akan menutup dan aliran air akan berhenti.

Saat teknologi inframerah ini bekerja mendeteksi tangan Anda, teknologi ini akan memancarkan gelombang dan cahaya yang tidak dapat terlihat oleh kasat mata manusia. Gelombang dan cahaya inilah yang memerintahkan katup kran air untuk menutup maupun membuka.

Teknologi inframerah pada kran memiliki kemampuan yang tahan air dan cahayanya tidak akan mengalami gangguan sedikitpun saat terkena air. Teknologi ini mengadopsi prinsip kerjanya chip pada mikrokomputer bertekanan rendah. Karena inframerah ini tahan air, teknologi ini dapat bekerja 24 jam penuh dengan aliran tetap atau terputus-putus tergantung kebutuhan.

Keuntungan menggunakan kran sensor ini adalah Anda tidak perlu lagi repot-repot menutup atau membuka katup kran saat ingin menggunakan air. Anda juga tidak perlu lagi khawatir lupa menutup aliran kran karena kran sensor ini akan otomatis menutup alirannya sendiri. Selain itu teknologi kran ini lebih mampu menghemat air dibanding dengan teknologi kran yang tidak menggunakan sensor. Hal ini dikarenakan Ia hanya akan mengalir saat tangan Anda ada di bawah kran. Saat tangan Anda sedang menggosok-gosok sabun, kran ini akan berhenti dan akan mengalir lagi ketika Anda menyelesaikan kegiatan mencuci tangan dengan sabun Anda. ya, kran air sensor ini juga sangat praktis!

Di samping semua kehebatan teknologi dan kepraktisannya, kran ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kran ini memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibanding dengan kran tanpa sensor. Anda mungkin akan mendapati harga kran air sensor lebih tinggi tiga kali lipat dibanding dengan harga kran tanpa sensor. Selain itu, saat kran ini mengalami kerusakan, cara memperbaikinya akan lebih sulit dan biaya perbaikannya pun akan lebih mahal.

Saat Anda hendak memasang kran sensor, pastikan Anda memilih produk kran sensor terbaik dengan kualitas tinggi. Anda sudah mengeluarkan biaya tinggi maka pastikan Anda juga mendapat barang terbaik. Pilih produk terpercaya yang sudah banyak digunakan dan memiliki banyak testimoni positif dari para pelanggannya.

Kran air sensor umumnya memiliki tampilan yang lebih unik dan terlihat lebih modern. Selain itu kran ini umumnya menggunakan pelapis kromium pada lapisan terluarnya agar tidak mudah rusak saat mengalami goresan tidak terduga. Pastikan Anda mendapatkan kran yang kuat akan goresan. Jika Anda menyukai gaya-gaya modern yang unik, tidak ada salahnya Anda memilih model kran dengan bentuk yang unik. Namun tentu saja harga kran air sensor dengan model unik akan lebih tinggi dibanding dengan model biasa. Pilihan ada di tangan Anda!

 

Dapatkan harga kran air sensor terbaik hanya di temtera.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *