Belum Tahu Cara Memasang Pendingin Ruangan? Ini Caranya!

Cara Memasang Pendingin Ruangan

Pendingin ruangan atau AC kini menjadi salah satu hal penting yang harus ada di dalam ruangan. Hal ini karena udara yang kian tidak menentu apalagi di daerah perkotaan yang memiliki udara sangat panas dan juga polusi yang menyebar.

AC (Air Conditioner) adalah mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara di dalam ruangan agar tetap sejuk dan tidak terasa panas. Selain untuk menyejukan ruangan, Air Conditioner juga berfungsi sebagai pembersih udara yang ada pada ruangan sehingga membuat udara yang kita hirup menjadi lebih sehat dan segar. Cara kerja AC ini juga tergolong cepat karena tidak membutuhkan waktu lama agar udara di dalam ruangan menjadi berubah sejuk.

Komponen yang Ada di Dalam AC

AC miliki beberapa komponen yang juga memiliki kegunaannya masing-masing, adapun komponen yang ada dalam AC sebagai berikut :

1.    Kompresor AC

Kompresor AC adalah komponen utama yang harus ada pada AC ini memiliki fungsi sebagai perubah tekanan gas yang rendah menjadi tekanan gas yang tinggi. Cara kerja kompresor AC adalah dengan meriubah gas menjadi cair saat Freon tidak mampu menyerap panas dalam keadaan berwujud gas.

2.    Heat Exchanger

Kompone kedua dari AC ini, berfungsi sebagai tenpat pertukaran panas dari dalam ke luar.

3.    Evapolator

Evapolator adalah tempat perubahan gas yang dialirkan oleh Freon menjadi uap dingin yang akan menjadikan ruangan menjadi dingin.

4.    Thermostat

Thermostat adalah komponen terakhir yang ada di dalam AC, thermostat sendiri berfungsi sebagai pengatur suhu yang dikeluarkan oleh Evapolator agar tidak terlalu dingin.

Cara Memasang Air Konditioner Dalam Ruangan

Memasang AC memiliki beberapa langkah yang harus dilakukan, bisa memasangnya sendiri atau juga bisa menyewa tenaga ahli kontraktor hvac. Namun, sebelum itu ada alat-alat yang perlu disiapkan terlebih dahulu sebelum memasang AC ruangan Anda antara lain seperti :

  • Menyiapkan Unit Indoor dan Outdoor AC
  • Waterpass
  • Siapkan Pengikat Kabel
  • Bor Ukuran Kecil
  • Siapkan Pompa Vakum
  • Jangkar
  • Lakban atau Slotip
  • Busa
  • Miniatur Circuit Breaker
  • Kunci Pas
  • Duct Tape
  • Gergaji
  • Sekrup

Setelah memastikan Anda telah menyiapkan alat-alat tersebut, maka Anda atau kontraktor listrik bisa langsung melakukan pemasangan AC, sebagai berikut:

1)    Menentukan Lokasi yang Pas

Saat ingin melakukan pemasangan AC Anda harus dapat menentukan lokasi tempat AC Anda akan dipasang. Usahakan Anda menetukan lokasi yang dapat menjangkau segala arah agar dinginnya merata dan yang paling penting adalah penempatannya sebaiknya di dekat pintu keluar agar tidak membutuhkan pipa yang terlalu panjang dari jangkauan.

2)    Pasang Jangkar yang Telah Disiapkan

Jangkar yang telah terpasang akan berfungsi sebagai penyanggah AC. Dalam pemasangan jangkar ini perlu melakukan pengeboran dinding agar jangkar bisa dipasang, kemudian tinggal Anda lakukan pengencangan dengan menggunakan skrup.

3)    Melubangi Dinding

Lubang pada dinding berfungsi sebagai tempat untuk mengeluarkan pipa ke luar dan sebagai tempat untuk melancarkan air keluar dengan lancar.

4)    Pasang Unit Indoor dan Outdoor AC

Dalam pasangan unit indoor, Anda harus memastikan tempat pemilihan lokasi harus terhindar dari panas matahari. Dan lakukan pemasangan dengan posisi horiontal, bor dinding kumudian pasang brecket dengan menggunakan skrup.

5)    Perhatikan Ulang Pipa

Agar memastikan pemasangan yang dilakukan oleh kontraktor mekanikal elektrikal benar-benar berhasil, Anda dapat mengecek kembali pipa. Hal ini dapat berfungsi sebagai kewaspadaan agar tidak terjadi kebocoran Freon AC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *