4 Kelebihan H Beam, Material untuk Desain Rumah Rangka Besi

Kelebihan H Beam

Material baja, It might sounds familiar, kalau Anda sudah terbiasa berurusan dengan bahan-bahan bangunan. If you don’t know, baja merupakan material bangunan yang biasanya memiliki warna silver besi dan bahan yang kokoh untuk menopang segala jenis bangunan.

Salah satu jenis baja adalah h beam. Disebut demikian karena bentuk baja yang betul-betul menyerupai huruf H yang memanjang. Baja ini memiliki flens atau pinggiran yang panjang dan lebih lebar daripada jenis I-Beam.

Kelebihan Rumah Rangka Besi dengan H Beam 

Besi dengan H Beam 

There’s a lot of fungtion, tidak hanya menjadi tiang penyangga. Baja jenis ini juga bisa digunakan untuk balok, kantiveler kanopi, top and bottom chord member pada truss, dan lain sebagainya. Yuk, cek kelebihan-kelebihan di bawah ini yang membantumu makin mantap memiilih baja jenis ini:

1. Bahan Baja Ringan

Lighter material give lots of perks, salah satunya bangunan yang menggunakan material  baja biasanya memiliki beban bangunan yang ringan. Penggunaan material baja, termasuk H beam, dikenal jauh lebih ringan dibandingkan dengan bahan kayu untuk bangunan. Sounds interesting, isn’t? Biaya untuk pengangkatan hingga pemasangan baja mampu ditekan karena bahan yang ringan terlebih setelah di potong menjadi beberapa bagian yang diperlukan.

Bahan yang ringan juga sangat membantu dalam proses instalasi baja sehingga lebih mudah. With that said, jangka waktu pembangunan juga menjadi jauh lebih singkat. Lebar dan panjang yang dibutuhkan akan mudah di potong  dan pembentukannya juga hanya memerlukan waktu singkat sehingga para pekerja bisa lebih cepat melakukan eksekusi pada bangunan.

2. Panjang Baja yang Bisa Diandalkan

Baja H beam biasa diandalkan untuk konstruksi bangunan karena memiliki panjang 100 meter lebih. Panjang baja tersebut biasa dicari konsumen dan menjadi ukuran yang ideal untuk membangun sebuah rumah. Tak hanya rumah satu lantai, panjang baja ini juga bisa dengan mudah disesuaikan untuk kebutuhan rumah berbagai lantai hingga pembangunan gedung.

3. Cocok dengan Desain Interior Apapun

Bahan yang ringan dan kokoh menjadi poin utama bahwa baja jenis H beam cocok untuk segala desain interior. Dengan ukuran yang ramping, baja ini mampu menampilkan ilusi ruangan yang simple dan rapi. So, whatever interior design you have on your house, baja ini bisa tampil prima dengan menyangga langit-langit rumah Anda.

Bahan kuat membuat penyangga baja ini bisa digunakan dengan jumlah yang sedikit saja. Dengan begitu ruangan juga bisa digunakan untuk hal yang lebih berguna ketimbangan harus menghabiskan ruangan untuk meletakan baja atau cor-coran yang tebal.

4. Penggunaan untuk Konstruksi Berat

Baja jenis H beam masuk ke dalam kategorik Wide Flange atau biasa di singkat WF yang menjadi simbol kegunaan untuk konstruksi yang berat. Lots of high building, gedung-gedung pencakar langit, jembatan, hingga hotel-hotel besar. Selain tahan bangunan yang berat, material baja juga tangguh dalam melawan berbagai cuaca dan rayap.

Not just that, selain cocok untuk bangunan tinggi dan berat, baja ini juga bisa kuat digunakan pada dataran yang bergelombang atau lahan miring. Bahan yang ringan namun kokoh bisa menjadi pondasi yang dapat diandalkan pada permukaan yang kurang stabil. That way, bangunan tertopang dengan baik dan gagah.

Keunggulan yang di dapatkan dari baja H beam sangat praktikal dan cocok dengan keadaan masyarakat saat ini. Membutuhkan yang ringkas dan serba guna serta fleksibel. Baja jenis ini memang laris manis dan menjadi pilihan berbagai bangunan. Tampil dengan panjang yang beragam, baja ini juga menyuguhkan ragam harga yang dinamis sesuai dengan dana yang Anda miliki. What are you waiting for? Let’s choose h beam for your house and building.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *